Kamis, 08 Januari 2009

Yesus Sang Anak Domba Allah

11 Januari 2008
Yesus Sang Anak Domba Allah
Yohanes 1 : 29 – 34

Tujuan: Anak mengerti apa arti Anak Domba Allah & percaya kepada Yesus Sang Anak Domba Allah
Alur:
Aktivitas pertama: warnai gambar Yohanes pembaptis yang sedang menunjuk pada Yesus.
Lagu pembuka: “Tanganmu ke depan”
“Coba siapa yang bisa menunjukkan tangannya? Kalau kakinya? Kalau badannya? Iya, kita punya badan yang lengkap, kita mau mengucap syukur, Yuk kita nyanyi ‘Tanganmu Ke Depan’!”
Doa Pembuka
Lagu: “Pujilah Nama Tuhan, Mainkan Dengan Musik”
“Iya, selain menggunakan tubuh kita, kita juga bisa memuji nama Tuhan lewat musik lo! Yuk kita memuji dia dengan alat musik!”
Lagu: “God is So Good / Allah Baik”
“Kenapa kita memuji nama Tuhan? Karena Tuhan kita sangat baik sama kita!” Sebutkan kebaikan-kebaikan Tuhan di hidup kita. “Mari kita nyanyi God is So Good / Allah Baik”
Cerita
“Adik-adik ada seorang Bapak-bapak, pekerjaannya adalah membaptis. Ia ini luar biasa lo! Kenapa? Adik-adik tahu makanannya apa? Ia makan belalang dan minum madu! Wah coba tebak siapa dia? Benar, dia adalah Yohanes Pembaptis. Ia mengajar banyak orang, ia berkata bahwa akan ada seorang Anak Domba Allah yang datan untuk kita semua. Ha? Anak Domba Allah? Iya, pada zaman dahulu bila kita nakal maka kita harus memberikan persembahan untuk Tuhan dalam bentuk anak domba. Wah repot juga ya!
Kata Pak Yohanes, Anak Domba Allah ini adalah orang yang sangat baik, ia mengasihi semua orang dan ia juga bisa bermukjizat. Wah… kira-kira siapa ya? Murid-murid Pak Yohanes berkata bahwa pasti Pak Yohanes adalah Anak Domba Allah itu! Tapi Pak Yohanes berkata, ‘Bukan, bukan aku! Tapi Dia!’ Lihat, siapa Dia? Oh… itu Tuhan Yesus. ‘Dia adalah Anak Domba Allah, Dia sangat baik dan sangat luar biasa! Jadi bila kita berdoa, kita berdoa pada-Nya! Bila kita kesusahan, kita datang kepada-Nya. Dia sangat sayang sama kita lo! Dia mau menebus dosa kita!’ kata Pak Yohanes.
Adik-adik, siapa yang mau percaya pada Tuhan Yesus? Ya… kita semua mau percaya pada Tuhan Yesus! Karena Tuhan Yesus kita sangat baik!”
Ajak anak menyanyikan lagu “God is So Good / Allah Baik” lagi
Doa
Aktivitas: minta anak menempel gambar di tembok di antara gambar Yohanes dan Yesus. Di gambar tersebut ada enam kotak seperti batu bata yang ada di antara Yohanes dan Yesus. Minta anak mengurutkan keenam gambar dan tempel. Urutannya adalah mata, domba, lingkaran, penghapus, hati yang berbintik, dan bumi. Gambar-gambar tersebut artinya adalah “Lihatlah (mata) Anak Domba (domba) Allah (lingkaran) , yang menghapus (penghapus) dosa (hati yang berbintik) dunia (bumi!” (Yohanes 1 : 29b). Minta anak agar mengelem ujung atas gambar saja, agar di balik gambar bisa ditulisi arti gambar. Bentuknya akan seperti jendela yang dibuka ke atas.
Persembahan
Doa Penutup

Aktivitas
Buat gambar Yohanes sedang menunjuk pada Yesus, di antara kedua gambar tersebut, ada dinding yang terbuat dari batu bata berukuran 3 x 3 cm sebanyak enam kotak tersusun ke bawah (jumlah per baris bisa dikreasikan)
Buat enam gambar berukuran 3 x 3 cm, fotokopi di kertas warna. Gambar-gambar terdiri dari gambar mata, domba, lingkaran, penghapus, hati yang berbintik, dan bumi.
Aktivitas pertama adalah mewarnai gambar Yohanes menunjuk Yesus, aktivitas kedua adalah menempel keenam gambar sesuai urutan.
Aktivitas untuk kelas 3 SD – 6 SD adalah menempel puzzle gamabr Yohanes menunjuk Yesus dan menuliskan ayat Yohanes 1 : 29b di bawah gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini